Waspadai Kanker Kulit

Kanker adalah pertumbuhan jaringan yang baru sebagai akibat dari proliferasi (pertumbuhan berlebihan) sel abnormal secara terus menerus yang memiliki kemampuan untuk merusak jaringan lainnya. Hampir semua kanker membentuk benjolan(tumor). Jenis tumor ada 2 yaitu, tumor ganas & jinak. Ciri tumor jinak adalah pertumbuhan yang sangat terpusat, lambat&biasanya menyerupai jaringan asal (menyebar melampaui lokasi asal). Sejumlah tumor jinak, seperti polip diusus besar dapat bersifat pra-kanker.
Jenis Kanker Kulit Dan Tanda-tandanya
1. Kanker Sel Basal(Karsinoma Sel Basal)
Kemunculannya ditandai dengan benjolan halus agak berkilat, kelainan seperti jaringan parut dan lecet yang tidak sembuh-sembuh, licin, tumbuh perlahan&jarang melebar/meluas kebagian tubuh yang lainnya. Biasanya menyerang bagian wajah, leher&kulit kepala.
2. Kanker Sel Bersisik(Karsinoma Sel Skuamosa)
Jenis kanker ini lebih banyak dialami oleh terutama kaum lanjut usia&umumnya diderita bagi mereka yang berada diwilayah tropic. Kanker ini ditandai dengan benjolan kecil padat, datar dengan permukaan berkerak dan bersisik pada bagian wajah, telinga,leher, tangan&lengan.
3. Melanogma Maligna
Melanogma maligna adalah jenis kanker yang paling ganas berpotensi menyebabkan kematian dan bisa berkembang dari tahi lalat yang timbul. Jika memiliki tahi lalat yang mengalami perubahan warna, ukuran maupun bentuknya yang terkadang tarasa gatal/bila digaruk mengeluarkan darah. Dan juga ditandai dengan munculnya luka dikulit yang asietris, dengan batas pinggiran tidak teratur dan diameternya lebih besar dari 6mm.
Penyebab Utama/Ciri-ciri Orang Yang Rentan Menderita Kanker Kulit
a. Radiasi ultraviolet dari paparan sinar matahari
b. Faktor genetic/keturunan
c. Radiasi sinar X
d. Pencemaran bahan kimia
Menurut Asosiasi Kanker Amerika ada sekitar 53.200 kasus baru kanker kandung kemih dan sekitar 12.200 dari mereka meninggal. Zat kimia yang terdapat dalam rokok, akan masuk kedalam aliran darah. Kemudian mengikuti proses penyaringan diginjal dan melewati kandung kemih. Sebelum dikeluarkan melalui urine, tapi seringkali zat kimia tersebut tertinggal didalam kandung kemih dan merusak sel-selnya. Bila terus tertumpuk akan menimbulkan kanker.
e. Sebelumnya pernah mengalami kanker
f. Memiliki lebih dari 50 tahi lalat
g. Lemahnya system kekebalan tubuh
h. Tinggal didaerah panas/dekat dengan garis ekuator.
Sinar matahari yang sampai kebumi mengandung ultraviolet A dan B yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yaitu membakar serta menghitamkan kulit.
Cegah Kanker Kulit Dengan KUNYIT
Rempah-rempah yang mampu melawan kanker kulit. Para peneliti AS menyatakan curcumin yang terkandung pada kunyit mampu bertarung dengan sel kanker kulit/melanoma. Curcumin mampu menekan 2 jenis protein yang biasanya digunakan sel tumor untuk bertahan hidup.
Cegah Kanker Dengan Apel
Suatu pengujian di Cornell University telah menunjukan bahwa zat-zat kimia alami dalam apel dapat memperlambat pertumbuhan tingkat sel-sel kanker usus&kanker hati pada manusia. Makin kuat konsentrasi ekstrak-ekstrak apel(karena mengandung antioksidan fitokimiawi) maka tingkat reproduksi sel-sel kanker juga makin lambat. Oleh karena itu, bahwa dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang cukup merupakan cara terbaik untuk memperendah resiko kanker. Contohnya adalah fitokimia dalam teh, tampaknya mampu menghalangi pertumbuhan pembuluh darah yang memberi makan sel-sel kanker.

0 Comments:

Post a Comment